Sabtu, 01 September 2012

Seluk Beluk Ponsel Short Bagian Pertama


Pada awal saya menjadi teknisi, saya betul-betul dibingungkan jika mendapatkan kasus short. (konslet). Mengapa...? karena banyak sekali komponen yang harus kita teliti satu persatu. Tapi alhamdulillah seiiring dengan waktu dan bertambahnya pengetahuan ternyata kasus short tidaklah terlalu sulit untuk ditangani..Berikut ini saya akan memaparkan kepada anda semuanya bagaimana sebetulnya trik untuk mangatasi masalah short pada sebuah ponsel....

Bagaimana ciri-ciri bahwa ponsel kita mengalami short....?

Bagi para pengguna ponsel terkadang mengeluhkan ponselnya misalnya dengan mengatakan....

1. Ponsel saya kok batrainya cepat sekali habis strumnya (batrainya drop)
2. batrai saya kok kembung ya padahal baru kemarin saya ganti yang baru
3. ponsel saya kok cepet sekali panas ya saat melakukan panggilan..
Demikian beberapa keluhan yang disebutkan oleh para pengguna ponsel...Mereka tidak mengetahui bahwa ponsel mereka memiliki ciri-ciri ponsel short (konslet).

Lalu apa penyebab short itu sendiri....?

jawabannya sederhana sekali, ponsel short bisa disebabkan karena beberapa sebab diantaranya:

1. Bisa karena jatuh
2. bisa karena terkena air
3. atau karena adanya komponen yang korosi ataupun sudah rusak.

Secara garis besar jenis-jenis short pada ponsel ada 2, yaitu:

1. Short sebelum menekan tombol on/off dan
2. short setelah menekan tombol on/off

Nah sekarang, bagaimana caranya agar kita mengetahu bahwa ponsel short sebelum dan sesudah menekan tombol on/off...? dan bagaimana cara penanganan short tersebut....?

Untuk ponsel yang short sebelum menekan tombol on/off (power) kita bisa melakukan cek dengan menggunakan MULTITESTER ANALOG...
Gambar 1: Multitester Analog

Perlu anda ketahui bahwa ponsel yang short sebelum menekan tombol on/off jelas ponsel masih dalam keadaan mati...Terjadi short ini karena adanya komponen-komponen yang berhubungan langusng dengan tegangan batrai (Vbat=3,7 volt). Tegangan batrai ini selalu standby atau selalu siap kalaupun ponsel dalam keadaan mati. Jadi jika suatu komponen berhubungan langsung dengan Vbat anda ukur tegangannya komponen tersebut dalam keadaan off maka tegangannya pastilah 3,7 volt. Kalau ada terjadi short pada komponen yang berhubungan dengan vbat maka akan langsung kita bisa ketahui dengan cara berikuti ini:

1. Siapkan 1 buah multitester, kemudian set tombol skala multitester ke arah skala hambatan X1 atau X10.

2. hubungkan kabel tes point yang positif (warna merah) pada multitester dengan konektor batrai yang negatif dan hubungkan kabel tes point yang negatif (warna hitam) dengan konektor batrai yang positif.

Apabila jarum multitester saat kedua bagian dihubungkan dengan cara di atas bergerak ke kanan baik sedikit ataupun banyak maka sudah pasti terjadi short..

Bagaimana langkah perbaikannya....?

untuk kasus ini anda membutuhkan sebuah skema manual dari ponsel itu sendiri. Kalau ponsel nokia sudah lengkap sekali, anda tinggal search sendiri dengan google kemudian download. Siapkan juga program untuk membuka file PDF karena filanya dikemas dalam bentuk PDF. Kalau teman-teman teknisi ya sudah tidak asing lagi dengan skema akan tetapi ada juga yang masih tidak menggunakan skema....entah bagaimana cara mereka melakukan reparasi ponsel sementara petunjuk tidak ada, apalagi yang tidak punya komputer...Mungkin cukup dengan tebak-tebakkan atau sim salabim...:)

ok, anggap anda sudah punya semuanya....

1. Anda buka skema manual dari ponsel tersebut baik dengan adobe reader atau foxit...
2. klik tombol search yang ada pada program adobe reader atau foxit tersebut.
Gambar 2: 
3. ketikkan Vbat pada kolom yang tersedia

4. kemudian klik search maka akan muncul komponen-komponen yang berhungan dengan vbat. contoh:


5. Selanjutnya apabila anda klik satu bagian dari hasil search tersebut maka anda akan diarahkan ke skema. contoh seperti ini:


6. Cari letak komponen c241, apabila sudah ketemu coba cabut dan tes kembali apakah masih short atau tidak. jika masih maka pasang kembali komponen tersebut dan cari komponen yang lain lagi dari hasil search tersebut. Silahkan cek satu persatu jalur komponen-komponen tersebut....Utamakan yang vbat dahulu sebelum vbatt1, vbatt2 dst.


bersambung ke


6 comments:

trmksh bermanfaat buat saya

Artinya adalah melakukan serangan pada pertengahan permainan. Misalnya saja 3 kartu meja sudah terbuka dan ternyata hampir mendekatai atau bahkan mendekati kombinasi kartu Anda maka langsung saja lakukan ALL
asikqq
dewaqq
sumoqq
interqq
pionpoker
bandar ceme terpercaya
hobiqq
paito warna
http://199.30.55.59/interqq78/
data hk

bisakah short karna di cas

Posting Komentar